WORKSHOP : Jln.Gunung Mas Padang Sambian Kelod ( email : central@ctd.co.id)
Menerima :
- Servis pompa air dan sparepart
- Gulung dinamo
- Instalasi kolam renang/pemasangan pompa kolam
- Pemasangan pompa jetpump/submersible
- Perbaikan / Pembuatan panel pompa air
- Servis dryer dan mesin cuci

Kamis, 03 Maret 2016

cara menentukan arah putaran pompa air

Penting kita ketahui akibat dari salah putaran pompa air, bisa menyebabkan pompa tidak bisa menghisap. Dan pada tipe pompa tertentu bisa merusak impeller, yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan teknisi pompa pemula stress.. Untuk menentukan arah putaran pompa kita  bisa cari dari hasil melacak sambungan kawat gulungan dan dari alur impeller. Sekarang saya akan jelaskan mencari arah putaran pompa dari alur impeller dan untuk mencari arah putaran pompa dari sambungan kawat gulungan yg lebih akurat sudah sy bahas di buku, penasaran caranya? makanya beli bukunya..hehehe. ok langsung aja sekarang ke tkp.

Berikut ini alur impeller dengan putaran ke kiri.
















Dan yang ini alur impeller dengan putaran kekanan.















Lalu bagaimana dengan yang ini.


















Kalo yang ini bisa dilihat alurnya dari samping atau dari tengah tinggal disamakan sama gambar diatas. Setelah di lihat dengan teliti hasilnya sama dengan gambar pertama berarti putaran ke kiri.

Dan yang terakir tipe seperti ini



















Ini adalah tipe impeller sirip yang hanya memiliki daya hisap 9 meter. Alurnya sama, tidak ada melengkungnya. Klo tipe ini harus melihat defusernya. Tapi selama ini impeller model ini, yang sy temui pasti putaranya kearah kiri. Belum sy temui yang putaranya kekanan. Selamat belajar semoga bermanfaat.

1 komentar: